25.5 C
Palembang
Tuesday, November 30, 2021

Yuk Intip Tips Memilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuh agar Tak Salah Pilih

More articles

Image: Elizabethleebridal.com

Seorang pengantin akan menjadi pusat perhatian di hari bahagianya, oleh sebab itu penampilan dari atas kepala hingga ujung kaki perlu diperhatikan. Apalagi soal gaun pengantin yang dikenakan, apabila tepat memilih gaun pastinya pengantin akan semakin terlihat cantik dilihat oleh semua mata yang memandang. Memilih gaun pengantin memang tidak mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya bentuk tubuh pengantin. Namun, Sahabat Makna tidak perlu khawatir, di sini akan dibahas tuntas mengenai tips memilih gaun pengantin sesuai bentuk tubuh, jadi pantengin terus ya!

Macam-Macam Bentuk Tubuh

Tipe-tipe bentuk tubuh perempuan sangat beragam, sehingga memgetahui bentuk tubuh sendiri sebelum memilih gaun pengantin adalah hal yang perlu dilakukan agar baju pengantin tidak terlihat kebesaran atau pun kekecilan ketika dikenakan di hari pernikahan. Beberapa macam bentuk tubuh perempuan sebagai berikut:

  • Apple shape, bentuk tubuh yang satu ini biasanya memiliki ukuran dadar yang besar, pinggul sempit, tetapi besar pada bagian tengah tubuh seperti perut.
  • Pear shape, bentuk tubuh ini memiliki pinggang dan pinggul yang lebar, tetapi bagian dada sempit.
  • Banana shape, bentuk badan yang ini memiliki lebar bahu, lebar dada dan lebar pinggul cenderung sama, sehingga bentuk tubuh terkesan lurus dan seperti persegi panjang.
  • Strawberry shape, bentuk badan ini memiliki bentuk dada yang cenderung lebih lebar, pinggul kecil dan kaki ramping
  • Hour glass shape, bentuk badan ini lebar bagian dada dan pinggulnya seimbang, sehingga di bagian pinggang memiliki lekukan.

Macam-Macam Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuh

Ball gown

Image: Brides.com

Ball gown adalah salah satu jenis gaun yang identik dengan pakaian ala-ala princess yang memiliki kesan mewah. Motif ball gown ini memiliki detail yang mekar di bagian bawahnya, sehingga ketika dipakai oleh pengantin yang memiliki bentuk badan bagian dada lebih lebar daripada ukuran pinggang dan kaki ramping ball gown adalah pilihan yang cocok. Hal ini karena ball gown dapat memberikan kesan keselarasan ukuran antara bagian dada yang cenderung lebar dengan pinggul kecil dan kaki ramping. Ball gown cocok untuk pengantin yang memiliki badan tipe strawberry shape.

Empire Waist

Image: Fimela.com

Gaun ini memiliki potongan yang tepat berada di bawah dada, bagian bawah yang lebar gaun jenis ini mampu menutupi pinggul yang kecil. Selain itu, potongan gaun ini membuat orang yang memakainya menjadi lebih tinggi. Gaun ini memang menonjolkan tubuh bagian atas, sehingga cocok apabila digunakan oleh orang yang memiliki bentuk tubuh tipe apple shape. Sahabat Makna bisa menggunakan bahan yang lebih kokoh seperti taffeta atau satin untuk membuat gaun ini.

A-Line Dress

Image: Brides.com

Potongan gaun ini sama dengan ball gown dan empire waist, memiliki detail melebar di bagian bawah. Gaun jenis ini memiliki bentuk seperti huruf A dan potongannya berada di pinggang, sehingga dapat menyamarkan bagian pinggul yang cenderung lebih lebar. Gaun ini sangat cocok jika digunakan oleh pengantin yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir (Pear shape) karena dapat memberikan kesan kecil tubuh bagian pinggul, sehingga bentuk tubuh lebih ideal dan terkesan lebih jenjang.

Mermaid Dress

Image: Fimela.com

Potongan gaun putri duyung ini memang mempertegas lekukan tubuh, yakni pinggang yang kecil. Baju seperti putri duyung ini sangat cocok digunakan oleh orang yang memiliki tipe bentuk tubuh jam pasir karena akan semakin memperlihatkan tubuhnya yang indah. Mermaid drees memiliki potongan yang pas di bagian atas hingga bawah, yakni sampai di atas lutut.

Sheath Dress

Image: Fimela.com

Jenis gaun ini memiliki siluet lekukan di bagian pinggang, sehingga sedikit mengesankan pinggang yang ramping. Jenis gaun ini cocok untuk orang yang memiliki tipe bentuk tubuh banana shape. Sahabat Makna juga bisa menambahkan ikatan di bagian pinggang agar bisa terlihat batasan bagian atas dan bawah tubuh.

Nah, Sahabat Makna sudah tahu belum bentuk tubuh sendiri? Kalau sudah pasti sudah bisa juga menentukan pilihan jenis gaun pernikahan yang cocok untuk dipakai. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -