24.3 C
Palembang
Wednesday, December 1, 2021

Inspirasi Bahan Seragam Bridesmaid yang Bisa Menjadi Pilihan Calon Pengantin

More articles

Pesta pernikahan rasanya tak lengkap jika tidak dihadiri oleh orang-orang yang disayang, salah satunya adalah sahabat. Biasanya di pesta pernikahan seorang sahabat pengantin sering disebut dengan bridesmaid. Bridesmaid ini memiliki tugas untuk membantu pengantin mempersiapkan pernikahannya, menjadi asisten pribadi pengantin bahkan menjadi penghubung antara pengantin dan pihak penyelenggara pernikahan ketika acara berlangsung. Di masa sekarang bridesmaid identik dengan baju yang seragam, bahan baju yang dikenakan bridesmaid biasanya diberikan oleh pengantin, sehingga terlihat sama semuanya. Beragam pilihan bahan kain banyak sekali, sehingga perlu diperhatikan bahan-bahan yang cocok diberikan untuk bridesmaid. Beberapa inspirasi bahan seragam untuk bridesmaid ada di bawah ini, simak terus ya Sahabat Makna!

Katun Jepang

Jenis kain yang satu ini memiliki dua tipe, yakni polos dan bermotif. Jika calon pengantin ingin bridesmaidnya tampil berbeda dan lebih nyentrik, memilih bahan katun jepang bermotif bunga yang tampak cerah tetapi tidak terlihat murahan menjadi sebuah pilihan yang eksploratif. Bahan katun jepang bersifat adem, halus dan mudah menyerap keringat, tidak setebal kain katun pada umumnya. Bahan kain jenis ini cocok sekali diberikan ke bridesmaid jika pengantin menggelar pernikahan di ruang terbuka atau outdoor.

Kain Satin

Kain satin merupakan jenis kain yang memiliki tekstur bahan lembut, halus dan mengkilap. Kain jenis ini tidak bermotif atau hanya polos saja, tetapi memiliki tampilan yang mewah dan elegan karena kilapan benangnya. Kain satin memang sangat cocok digunakan pada acara-acara formal seperti pernikahan. Kain satin memiliki beberapa jenis, seperti satin sutra, satin delustered, satin velvet, satin roberto cavalla bahkan satin duchesse khusus bridal.

Kain Jacquard

Kain jenis ini sudah banyak menjadi pilihan pengantin untuk diberikan kepada bridesmaidnya. Harganya termasuk murah, tetapi memiliki kualitas yang premium menjadi alasan incaran para calon pengantin. Kain ini tidak memiliki motif atau polos saja, tetapi biasanya ada detail timbul di bahannya yang membuat kain ini menjadi terlihat mewah dan elegan. Kain Jacquard terbuat dari bahan polyester, mirip seperti kain songket tapi tidak kaku.

Kain Ceruti

Kain ceruti memiliki bahan yang halus, elastis dan lembut, tetapi agak menerawang. Kain ini memiliki kesan flow yang cantik bila tertiup angin, tetapi tidak seperti melayang karena memiliki bobot yang pas. Kain ceruti juga memiliki beberapa pilihan jenis, seperti baby doll, diamond dan geogratte. Kain ini sering kali digunakan untuk membuat hijab, jika dijadikan baju perlu bahan tambahan agar tidak menerawang, apalagi untuk yang berhijab.

Kain Brokat

Brokat adalah jenis kain terfavorit karena memiliki banyak detail yang indah dan cantik. Brokat menampilkan sentuhan benang sutra yang berwarna, seperti perak dan emas. Biasanya kain brokat menjadi bahan luaran, sehingga membutuhkan bahan lain untuk menjadi dalaman. Kain brokat biasanya menjadi luaran untuk bahan yang polos, seperti satin. Jenis-jenis kain brokat adalah brokat prada, brokat cord/cornelly dan brokat renda.

Bahan Tenun

Pengantin tidak perlu khawatir dengan harga kain tenun yang terbilang cukup mahal karena sekarang ada versi bahan tenun yang lebih murah di kantong, yakni bahan tenun printing. Jika nuansa batik sudah biasa hadir di acara pernikahan, sekarang cobalah untuk memberikan seragam bridesmaid dengan bahan tenun yang kental akan nuansa etnik. Bahan tenun ini cocok sekali untuk pengantin yang mengusung tema pernikahan tradisional karena akan membuat semakin kental nuansa budaya tradisionalnya.

Sahabat Makna sudah menentukan bahan kain yang bagaimana mau diberikan kepada bridesmaid nanti? Tentukan pilihanmu ya Sahabat Makna, sampai jumpa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -