Rp 0

No products in the basket.

Coming Soon, Sumatra Selatan Wedding Expo 2024 Season II, June 2024

office@maknawedding.id

+62 812-7893-2624

Rp 0

No products in the basket.

Intip Cara Wujudkan Pesta Pernikahan Ramah Lingkungan, Minim Sampah Lebih Baik, Bukan?

More articles

Sahabat Makna tahu gak, kalau mengadakan pesta pernikahan berarti juga menyumbangkan sampah yang cukup besar loh. Rata-rata sampah yang dihasilkan dari pesta pernikahan berupa food loss and waste.

Selain itu, pesta pernikahan juga menyumbangkan limbah plastik yang cukup banyak dan emisi polusi. Oleh karena itu, konsep pernikahan yang ramah lingkungan seharusnya sudah mulai disadari baik oleh calon pengantin atau pun para vendor pernikahan.

Nah Sahabat Makna, Makna Wedding kasih tips nih untuk wujudkan pesta pernikahan yang ramah lingkungan, intip tips di bawah ini ya!

Lokasi atau Venue

Sahabat Makna bisa memilih lokasi pernikahan di dalam kota dan mudah dijangkau nih. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan transportasi agar tidak menimbulkan emisi karbon yang berlebihan.

Selain itu, pilihan venue outdoor akan lebih cocok untuk pesta pernikahan ramah lingkungan. Area outdoor akan lebih menghemat energi dan meminimalisir dekorasi. Jika memang ingin di indoor, pilihlah venue yang memiliki interior yang indah sehingga menghindari dekorasi berlebihan.

Dekorasi

Penggunaan fresh flower sebagai dekorasi pernikahan merupakan penyumbang sampah yang cukup besar loh Sahabat Makna. Namun, bukan bearti Sahabat Makna tidak bisa mendekor pernikahan dengan konsep bunga.

Sahabat Makna bisa menggunakan artificial flower, tanaman dalam pot atau bunga kering sebagai dekorasi pernikahan. Jika memang ingin ada sentuhan fresh flower, Sahabat Makna bisa membeli bunga segar dari petani lokal.

Selain itu, Sahabat Makna bisa menggunakan keranjang anyaman, tempat lilin atau pot gantung, dekorasi masih terlihat cantik dan pastinya tetap ramah lingkungan.

Undangan

Di zaman yang serba digital ini, undangan dalam bentuk digital sudah banyak dilirik oleh para pengantin dan vendor pernikahan loh Sahabat Makna. Undangan digital ini sangat mendukung konsep pernikahan ramah lingkungan.

Selain menghemat waktu, tenaga dan uang, undangan digital pastinya menghemat penggunaan kertas yang biasanya menjadi bahan pembuatan undangan pada umumnya serta plastik sebagai pembungkus kertas undangan.

Souvenir

Sebagai hadiah ucapan terima kasih kepada tamu undangan, pengantin bisa memberikan souvenir yang ramah lingkungan. Misalnya, set sedotan yang guna ulang, tas belanja, sabun organik, toples kaca kecil, tanaman kecil, teh herbal, kopi bubuk dengan kemasan kertas hingga bibit tanaman.

Pakaian Pengantin

Nah kalau untuk pakaian pengantin, sebaiknya Sahabat Makna bisa menyewa pakaian pengantin di sanggar. Hal ini karena kalau membuat pakaian pengantin sendiri akan dipakai hanya sekali saja setelah itu tidak terpakai bahkan bisa menjadi sampah kain.

Jikalau memang ingin membuat pakaian pengantin, pilihlah bahan yang ramah lingkungan seperti sutra atau katun. Kemudian, sebisa mungkin desain pakaian pengantinnya bisa dipakai untuk ke acara lain.

Catering

Berdiskusilah dengan vendor catering mengenai porsi makanan yang akan disediakan dengan jumlah tamu undangan, hal ini untuk menghindari sampah sisa makanan.

Kemudian, diskusikan juga dengan vendor catering untuk tidak menggunakan alat makan sekali pakai. Penggunaan piring dan gelas sekali pakai sangat tidak cocok dengan konsep pernikahan yang ramah lingkungan.

Nah, gimana nih Sahabat Makna, tertarik gak untuk mengadakan pesta pernikahan yang ramah lingkungan. Peduli dengan kelestarian bumi bisa diterapkan dalam berbagai aspek kegiatan manusia, termasuk saat mengadakan pesta pernikahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest