33.1 C
Palembang
Tuesday, November 30, 2021

Pelajari Dahulu Ilmu-Ilmu Ini sebelum Memantapkan Diri ke Jenjang Pernikahan

More articles

Menikah merupakan ibadah terpanjang di dalam kehidupan manusia, jadi sebelum melangkah ke jenjang pernikahan perlu persiapan yang matang dalam beberapa hal, seperti fisik, mental bahkan finansial. Membangun sebuah pernikahan memang harus membutuhkan bekal yang cukup agar bahtera pernikahan bisa terus kokoh seiring berjalannnya waktu. Selain fisik, mental dan finansial, seseorang yang ingin menikah hendaklah memiliki ilmu-ilmu yang sangat berguna dalam membangun pernikahan. Apa saja ilmu-ilmu yang perlu dikuasai sebelum menikah? Simak informasi selengkapnya ya Sahabat Makna!

Makna Pernikahan

Biasanya ilmu mengenai makna pernikahan ini didapatkan dari orang-orang yang memang ahli dalam bidang pernikahan, seperti tokoh agama, psikolog atau konselor. Ilmu ini mempelajari mengenai arti dari pernikahan, hal-hal yang ingin dicapai kedua pasangan dalam pernikahan, maupun gambaran pernikahan yang dimiliki oleh masing-masing pasangan. Mempelajari ilmu ini berguna untuk memberikan kesempatan kepada masing-masing pasangan untuk saling mengenal lebih dalam dan menyamakan persepsi dalam pernikahan agar tidak ada yang saling bertentangan.

Komunikasi Efektif

Komunikasi yang efektif antara pasangan adalah sebuah kunci menjalin hubungan yang baik. Hal ini karena banyak sekali perselisihan terjadi dalam pernikahan yang disebabkan oleh kesalahpahaman karena komunikasi yang tidak efektif. Saling memahami cara berkomunikasi pasangan masing-masing dan memahami perbedaan cara berkomunikasi membuat kesalahpahaman karena komunikasi bisa dihindari. Kemampuan untuk menjalin komunikasi yang efektif dalam hubungan  juga dapat mempermudah kedua pasangan menyelesaikan permasalahan yang dialami dalam pernikahan.

Seks dan Kesehatan Reproduksi

Bukan sebuah hal yang tabu jika seks dan kesehatan reproduksi harus dipelajari sebelum menikah karena salah satu tujuan menikah adalah untuk memenuhi kebutuhan seks. Kebutuhan seks juga berfungsi untuk menjaga keharmonisan hubungan antara suami dan istri dalam rumah tangga, oleh sebab itu mempelajari mengenai masa subur, posisi yang tepat saat berhubungna suami dan istri dan pola makan yang baik untuk organ reproduksi sangat diperlukan.

Pengelolaan Keuangan

Mempelajari ilmu mengenai pengelolaan keuangan bukan hanya tugas perempuan saja, walaupun nantinya istri yang akan mengelola keuangan keluarga. Kedua pasangan perlu untuk mempelajari pengelolaan keuangan agar sama-sama bijak dan bekerja sama dalam mengatur keluar masuk keuangan keluarga. Masalah keuangan juga menjadi salah satu faktor pemicu banyaknya perselisihan dalam rumah tangga karena hanya mengandalkan satu pihak saja dalam mengelola keuangan rumah tangga. Oleh sebab itu, penting sekali untuk saling terbuka mengenai pemasukan masing-masing pasangan karena akan lebih transparan dalam mengelolanya.

Perencanan Berkeluarga

Perencanan berkeluarga ini berkaitan dengan perencanan kehamilan, seperti usia berapa ingin memiliki anak, berapa banyak anak yang ingin dimiliki, berapa tahun jarak antar anak yang direncanakan. Perencanan berkeluarga ini bermanfaat untuk beberapa aspek dalam keluarga, seperti pemenuhan gizi anak, kesehatan mental ibu, hingga kemampuan finansial kepala keluarga. Perencanan berkeluarga ini sangat penting dibahas sebelum menikah karena bisa jadi pasangan memutuskan untuk childfree atau tidak ingin memiliki anak yang bisa menjadi bumerang dalam kehidupan berumah tangga jika tidak diketahui sebelumnya.

Itulah Sahabat Makna beberapa ilmu yang harus dipelajari sebelum memutuskan untuk menikah, mempelajarinya bisa dipelajari dari sekarang loh Sahabat Makna agar semakin memahami ilmunya. Semoga bermanfaat ya Sahabat Makna!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -