23.9 C
Palembang
Tuesday, October 19, 2021

Agar Tak Pusing, Simak Panduan untuk Menentukan Tamu Undangan di Hari Pernikahan Kamu

More articles

Menentukan jumlah tamu undangan tidak bisa dianggap sepele, kesalahan menentukan banyaknya tamu undangan bisa membuat pesta pernikahan menjadi berantakan. Misalnya, ketika tamu undangan banyak, tetapi tempat dilangsungkannya pernikahan sempit akan membuat tamu membludak bahkan tidak bisa masuk ke tempat pernikahan. Oleh sebab itu, sebagai seorang pengantin sebelum menentukan tempat pernikahan, jumlah pembuatan undangan, memesan catering atau membeli souvenir, tentukan dahulu jumlah tamu undangan yang akan diundang. Namun, Sahabat Makna gak perlu khawatir, di sini akan dikumpas tuntas mengenai panduan untuk menentukan tamu undangan tanpa membuat pusing. Apa saja kira-kira? Simak selengkapnya ya!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menentukan Jumlah Tamu Undangan

  • Konsep Pernikahan

Jika kamu memilih konsep pernikahan intimate wedding, berarti jumlah tamu yang harus diundangan tidak terlalu banyak. Cukup keluarga dan teman dekat saja yang diundang, bahkan bisa saja tidak sampai ratusan orang. Namun, jika kamu memilih untuk mengadakan pernikahan seperti pesta rakyat maka tamu undangan yang bisa diundang juga skala besar.

  • Tempat Pernikahan

Seperti sudah dijelaskan di awal, tempat pernikahan harus disesuaikan dengan jumlah tamu undangan, taman atau tempat pernikahan terbuka yang tidak terlalu luas bisa menjadi pilihan untuk acara intimate wedding, sedangkan gedung yang besar cocok untuk menyelenggarakan pesta pernikahan skala besar. Jangan sampai tempatnya sempit tamunya banyak atau sebaliknya, gedungnya besar tapi tamunya sedikit.

  • Anggaran yang Disediakan

Kalau berbicara mengenai anggaran biaya, jangan pernah memaksakan ya Sahabat Makna. Jika memang anggaran biaya tidak terlalu banyak, jangan memaksakan untuk mengundang terlalu banyak tamu. Semakin banyak tamu maka semakin banyak pula jumlah catering, undangan bahkan souvenir yang harus dipesan, otomatis anggaran yang dikeluarkan pun harus besar.

Cara Menentukan Orang-Orang yang Diundang

  • Menuliskan Nama-Nama dan Kelompok Orang yang akan Diundang

Pertama kali yang harus dilakukan adalah menuliskan daftar nama-nama orang yang akan diundang, kemudian kelompokkan menjadi beberapa kelompok, seperti keluarga, teman, rekan kerja dan kelompok sosial lainnya. Untuk kelompok keluarga, mintalah juga daftar nama-nama orang yang akan diundang oleh pihak keluarga pasangan. Sedangkan daftar teman dan rekan kerja berkonsultasilah dengan pasangan agar semua teman dan rekan kerja keduanya bisa diundang.

  • Kategori Skala Prioritas

Urutkan nama-nama yang sudah dicatat dan dikelompokkan, kemudian bagi lagi menjadi tiga kategori prioritas, yaitu tamu yang akan diundang, tamu yang kemungkinan diundang dan tamu yang kemungkinan tidak diundang. Untuk tamu yang akan diundang maka keluarga, teman dan rekan kerja yang dekat masuk ke kategori ini. Nama yang kemungkinan diundang adalah orang-orang yang masuk kelompok keluarga, teman dan rekan kerja yang jarang ditemui, misalnya teman sekolah yang sudah jarang ditemui.

  • Tamu Tambahan

Tamu tambahan adalah tamu yang kemungkinan dibawa oleh tamu undangan, seperti pasangan, anak-anak bahkan tamu yang tak diundang.  Jadi, ketika mengundang sesorang, perhatikan juga apakah sudah memiliki pasangan atau sudah berkeluarga yang kemungkinan akan diajak ke pesta pernikahan kamu.

  • Finalisasi Tamu Undangan

Setelah ketiga langkah di atas dilakukan, silakan mantapkan jumlah tamu undangan yang diundang, selaraskan dengan tempat pernikahan dan anggaran biaya. Jangan lupa untuk memeriksa kembali daftar tersebut.

Sudah tahu kan Sahabat Makna panduan menentukan tamu undangan, semoga tidak pusing lagi untuk membuat daftar tamu undangan. Sahabat Makna yang akan segera menikah semoga dilancarkan ya, see you!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -