23.6 C
Palembang
Wednesday, September 22, 2021

Waspadai Kebiasaan Ini : 4 Hal Sepele yang Bisa Bikin Berat Badan Kamu Bertambah Naik!

More articles

Berbagai cara sudah dilakukan agar menjaga timbangan tetap ideal, tetapi masih saja beratmu naik dengan mudah? Simak artikel berikut agar kamu tahu penyebabnya!

Makan Terlalu Cepat

Ketika lapar, orang cenderung mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak dan menghabiskannya dalam waktu yang cepat, sehingga menyebabkan banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, bagaimana jika makan dengan cara yang cepat memang adalah kebiasaan kamu?

Di dalam artikel Healthline, penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan kegiatan makan dengan terburu-buru, cenderung akan mengalami kenaikan berat badan atau obesitas. Saat mengkonsumsi makanan dengan cepat, tubuh tidak memiliki kesempatan untuk memberi sinyal ke otak bahwa perut kamu sudah kenyang. Sehingga, hal ini membuat Sobat akan makan lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, jadi penting banget ya buat kamu untuk makan dengan perlahan. Aturlah kecepatan makananmu agar tidak terlalu terburu-buru, sehingga otak bisa mendapatkan informasi kalau tubuhmu sudah cukup dalam mengkonsumsi makanan.

Image : freepik.com

Kurang Tidur

Dikutip dari hellosehat.com, peneliti dari Amerika menyatakan bahwa ketika seseorang terlalu sedikit tidur, metabolisme tubuh otomatis akan mengalami perlambatan untuk menghemat energi yang tersisa di dalam tubuh. Hal ini kemudian memicu hormon kortisol yang mempengaruhi tingkat nafsu makan seseorang. Tubuh kamu akan berpikir bahwa kamu membutuhkan banyak energi, sehingga otak akan memberi sinyal untuk meminta lebih banyak makanan.

Image : freepik.com

Kurang Minum Air Putih

Selain menyehatkan, air putih sebenarnya minuman yang hemat dan mudah ditemukan. Jika kamu yang sering menyepelekan minum air putih, hal ini akan membuat kamu berisiko terkena banyak gangguan salah satunya adalah membuat badan mudah gemuk.

Di dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa tubuh sering menyalah artikan rasa haus sebagai sinyal rasa lapar. Sehingga, hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang meminum dua cangkir air sebelum sarapan mengonsumsi 22 persen kalori yang lebih rendah pada makanan dibandingkan dengan orang yang tidak minum air sama sekali.

Untuk kamu yang masih sering mengonsumsi minuman kaleng atau minuman bersoda mulailah untuk mengurangi jumlah konsumsi, agar tidak membuat tubuhmu semakin melebar dan segera beralih mencukupkan kebutuhan air putih di dalam tubuh setiap harinya.

Image : freepik.com

Jadwal Makan yang Tidak Teratur

Penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki jadwal makan tidak teratur cenderung sering merasakan lapar. Sehingga, mengakibatkan seseorang makan dengan porsi yang lebih banyak. Jadwal makan yang tidak teratur mengakibatkan proses mestabolisme dan pencernaan di dalam tubuh juga ikut tidak teratur, akibtanya orang yang memiliki jadwal makan tidak teratur berisiko terkena penyakit kronis seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, resistensi insulin dan kontrol gula darah yang buruk.

Mulai sekarang, aturlah jadwal makanmu agar memiliki waktu yang teratur, sehingga Sobat bisa mengendalikan porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -