25.1 C
Palembang
Wednesday, January 19, 2022

Sering Gagal Paham, Ini Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Paham!

More articles

Acara pernikahan perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari, hal ini karena biasanya acara pernikahan tidak hanya digelar dalam satu hari saja karena prosesi acara pernikahan yang lumayan banyak, jadi membutuhkan waktu beberapa hari. Prosesi pernikahan biasanya akan dibuka dengan acara lamaran, lalu akad nikah dan pesta pernikahan.

Di Indonesia, setiap prosesi tersebut akan dilakukan beberapa tradisi sesuai daerah masing-masing. Misalnya, di prosesi lamaran ada tradisi keluarga calon pengantin pria membawa seserahan lamaran, ketika ingin berkunjung ke rumah calon pengantin perempuan saat hendak melamar perempuan. Sedangkan, di hari diucapkannya janji suci, keluarga pengantin pria juga akan membawa seserahan pernikahan. Kedua seserahan ini sering dianggap sama loh, padahal keduanya berbeda. Sahabat Makna penasaran gak nih apa perbedaan antara keduanya? Yuk simak informasinya!

Lamaran adalah suatu prosesi meminta izin yang dilakukan oleh pihak laki-laki kepada keluarga perempuan untuk meminang perempuan. Seserahan lamaran tidak perlu banyak dan bukan berupa kebutuhan perempuan, berikut ini macam-macam seserahan lamaran:

Buah-Buahan

Selain makanan tradisional, seserahan lamaran bisa diisi dengan buah-buahan. Berbagai macam-macam buah-buahan bisa dijadikan sebagai isi seserahan lamaran, mulai dari jeruk, apel, semangka, pisang, pepaya dan sebagaina,seserahan buah-buahan tak perlu diberikan lagi ketika pernikahan. Seserahan buah-buahan dijadikan sebagai simbol agar kedua calon pengantin dapat hidup dengan bahagia saat nantinya sudah menikah.

Makanan Tradisional

Salah satu seserahan lamaran adalah makanan tradisional, tidak ada jenis makanan tradisional khusus untuk menjadi seserahan lamaran ini. Semua jenis makanan bisa dijadikan seserahan lamaran, mulai dari lemper, dodol, putu ayu dan sebagainya. Biasanya makanan tradisional yang diberikan bersifat basah dan kering. Jadi, makanan tradisional seperti keripik pisang, keripik ubi dan sebagainya bisa dijadikan sebagai seserahan lamaran.

Paket Daun Sirih

Di dalam beberapa tradisi di Indonesia, seserahan lamaran juga bisa berbentuk paket daun sirih. Sirih memang dikenal sebagai salah satu hal yang wajib ada dalam sebuah acara yang menyimbolkan penyambutan serta doa keselamatan dan kebahagiaan bagi kedua mempelai untuk mengarungi sebuah bahtera rumah tangga.

Sedangkan seserahan pernikahan merupakan sebuah simbol bahwa pihak laki-laki mampu menafkahi perempuan. Jadi, isi dari seserahan pernikahan adalah kebutuhan pengantin perempuan dari ujung kaki hingga kepala. Berikut ini macam-macamnya:

Perlengkapan Ibadah

Seserahan bagi kaum muslim berupa seperangkat alat salat, seperti mukenah, sajah, Alquran dan tasbih. Patung Yesus, Bunda Maria dan Alkitab biasanya menjadi perlengkapan ibadah dalam seserahan umat Kristiani. Perlengkapan ibadah ini sebagai simbol bahwa agama harus ditegakkan dalam sebuah rumah tangga.

Pakaian

Pakaian yang bisa dijadikan sebagai isi seserahan pernikahan beragam, bisa baju, celana, hijab, kebaya, baju tidur bahkan pakaian dalam. Hal ini karena pakaian adalah sebuah kebutuhan yang dimiliki seorang perempuan.

Makeup dan Skincare

Kedua ini sepertinya tidak bisa absen dalam isi seserahan pernikahan. Perempuan diwajibkan untuk tampak cantik di depan suaminya, sehingga memerlukan makeup dan skincare untuk perawatan wajah.

Perlengkapan Mandi

Selain perawatan wajah, perawatan tubuh juga wajib dilakukan oleh seorang perempuan. Agar tubuh bersih dan wangi ketika berhadapan dengan suami, perlengakapan mandi juga tidak boleh absen dari rangkaian seserahan pernikahan.

Aksesoris

Perempuan memang tidak bisa terlepas dari aksesoris untuk menunjang penampilan. Biasanya aksesoris yang dijadikan seserahan berupa tas, sepatu, ikat pinggang, sandal dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan mempelai perempuan.

Seperangkat Perhiasan

Seserahan pernikahan seperangkat perhiasan berbeda dengan mas kawin. Seserahan berupa perhiasan ini tidak wajib diberikan oleh mempelai laki-laki. Berbeda dengan mas kawin yang biasanya berupa perhiasan adalah barang wajib yang harus diberikan oleh laki-laki kepada perempuan.

Nah, Sahabat Makna sekarang udah tahu dong perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan. Gimana nih buat yang mau menikah udah mempersiapkan isi seserahan untuk lamaran dan pernikahan belum? Semoga niat baiknya dilancarkan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -