27.1 C
Palembang
Monday, October 18, 2021

Mempersiapkan Acara Pernikahan Sendiri, Mulai dari Mana?

More articles

Sebagian calon pengantin merasa tidak ingin repot dalam mengurus acara pernikahannya, jadi menggunakan jasa wedding organizer dan tinggal terima beres. Namun, masih banyak juga calon pengantin yang memilih untuk mengurus pernikahannya sendiri. Mengurus pernikahan sendiri memang sesuatu yang melelahkan karena akan banyak hal yang harus diurus, tetapi juga menjadi sebuah tantangan serta memiliki kesan tersendiri bagi calon pengantin. Walaupun begitu, terkadang calon pengantin masih bingung untuk memulai mempersiapkan acara pernikahannya. Nah, Sahabat Makna bisa simak artikel ini ya, langkah-langkah untuk mempersiapkan acara pernikahan bagi calon pengantin

Tentukan Tanggal Pernikahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tanggal pernikahan. Sahabat Makna harus berdiskusi dahulu dengan pasangan dan keluarga besar karena tidak mudah juga menentukan tanggal pernikahan. Hal ini karena tanggal pernikahan menjadi patokan untuk memesan vendor, sehingga tidak ada perubahan yang akan merugikan.

Mengurus Surat Pernikahan

Setelah menentukan tanggal pernikahan, bisa mengurus surat-surat yang diperlukan untuk menikah. Mengurus surat jangan dianggap sepele ya Sahabat Makna karena lumayan menguras waktu juga loh, jadi sebisa mungkin untuk mengatur waktu mengurus surat ini.

Menentukan Biaya Pernikahan

Biaya pernikahan sebisa mungkin ditentukan agar bisa membuat pembukuan, sehingga uang keluar dan masuk bisa terkontrol. Menentukan biaya pernikahan di awal membuat calon pengantin bisa memilih vendor-vendor yang sesuai dengan kantong. Jangan memaksakan memakai vendor yang tidak sesuai dengan budget kamu ya Sahabat Makna.

Memilih Konsep Pernikahan

Konsep pernikahan bisa Sahabat Makna diskusikan berdua dengan pasangan atau pun keluarga. Memilih konsep tradisional atau lebih internasional, indoor atau outdoor bisa menjadi pilihan. Menentukan konsep pernikahan menjadi tolak ukur untuk menentukan vendor, seperti busana, dekorasi dan tempat pernikahan yang akan diselenggarakan.

Menentukan Jumlah Tamu Undangan

Menentukan jumlah tamu undangan sangat penting karena bisa menjadi patokan untuk menentukan seberapa besar tempat acara pernikahan, banyaknya makanan yang akan disajikan serta jumlah undangan dan souvenir yang harus dipesan. Jumlah tamu undangan juga sesuaikan dengan biaya pernikahan yang sudah ditentukan ya, semakin banyak jumlah tamu maka kemungkinan makin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Pilih Tempat Pernikahan

Memilih tempat pernikahan sesuaikan dengan konsep dan biaya yang sudah ditentukan. Jika memilih konsep indoor pilihlah gedung atau hotel yang nyaman dan sesuai dengan jumlah tamu undangan. Jika memilih konsep outdoor pilihlah tempat yang luas, terbuka dan rindang.

Buat Undangan dan Pesan Souvenir

Undangan bisa dibuat setelah tempat dan waktu sudah ditentukan, pilih undangan yang Sahabat Makna inginkan. Berikan juga tamu undangan souvenir yang berkesan dan bermanfaat, tidak harus mahal ya Sahabat Makna, sesuaikan dengan budget saja.

Pesan Dekorasi Pernikahan

Dekorasi pernikahan harus disesuaikan dengan konsep pernikahan dan tempat pernikahan yang sudah dipilih. Pilih vendor dekorasi yang sesuai dengan keinginan Sahabat Makna dan pastinya harus sesuai dengan biaya yang sudah ditentukan ya.

Memesan Baju dan Makeup

Jika Sahabat Makna membuat baju pengantin dengan desainer lakukan hal ini dari jauh-jauh hari karena pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat baju pengantin. Jika menyewa baju lakukan fitting agar bisa pas bila dikenakan nanti. Jangan lupa juga Sahabat Makna harus memesan MUA dan lakukan testing makeup sebelum menentukan MUA mana yang digunakan.

Pilih Jasa Catering yang Tepat

Sahabat Makna jangan sampai mengecewakan tamu undangan karena hidangan yang tidak memanjakan lidah ya. Oleh karena itu, lakukan dahulu testing food ketika hendak menentukan jasa catering. Jangan lupa juga untuk memperhatikan menu-menu yang disediakan serta sesuaikan dengan jumlah tamu undangan, kalau bisa dilebihkan ya Sahabat Makna.

Itu dia Sahabat Makna langkah-langkah yang dilakukan untuk memulai mempersiapkan acara pernikahan. Siapkan listnya dari sekarang ya, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -