25.1 C
Palembang
Wednesday, September 22, 2021

Biaya Penting yang Harus Kamu Persiapkan Setelah Menikah

More articles

Image: freepik.com

Sebagai pasangan yang baru menikah, pastinya banyak sekali yang harus kalian persiapkan setelah memasuki kehidupan rumah tangga. Salah satu hal terpenting yang harus kamu siapkan yaitu tentang mengatur anggaran biaya rumah tangga, penting sekali untuk kalian paham dan saling mengerti apa saja kebutuhan yang diperlukan satu sama lain dan kebutuhan rumah tangga lainnya sehingga disaat komunikasi terjadi tidak menimbulkan kesalah pahaman dari pasangan suami dan istri

Penting sekali untuk pasangan yang baru menikah untuk mempunyai rancangan biaya yang akan menjadi patokan sehingga keuangan dalam rumah tangga bisa tersusun degan rapi, biasanya rancangan biaya tersebut terdiri dari biaya masuk dan biaya keluar. Tetapi kalian juga harus tahu tentang apa saja biaya-biaya yang harus kamu persiapkan sedini mungkin agar kehidupan rumah tangga kalian dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Biaya Untuk Kehidupan Sehari-hari

Image: freepik.com

Dalam menyiapkan biaya untuk kehidupan sehari-hari ini, kalian dapat memperhitungkannya dengan cara menghitung apa saja yang kalian butuhkan dalam sehari seperti makan, internet, air, listrik dan lain sebagainya kemudian kalian dapat mengkalkulasi berapa biaya yang harus kalian sisikan dari gaji atau pemasukan di setiap bulannya. Sebaiknya biaya untuk kehidupan sehari-hari kalian tidak lebih dari 60% dari pemasukan kamu, jadi buat kalian pasangan yang baru menikah disarankan untuk tidak boros dan tetap selalu berhemat.

Biaya Pendidikan

Image: freepik.com

Biaya pendidikan merupakan biaya yang harus kamu rencanakan sedari awal sebab jika kalian tidak direncanakan dengan matang akan berdampak terhadap kualitas pendidikan yang akan anak kalian dapatkan di masa depan. Kalian dapat menyisihkan uang dari pemasukan atau mengikuti program asuransi sehingga pendidikan untuk anak kalian dikemudian hari dapat terjamin.

Biaya Untuk Membeli Rumah

Image: freepik.com

Biasanya pasangan yang baru menikah, tentu saja memiliki impian untuk memiliki rumah sendiri. Untuk menjadikan impian tersebut menjadi kenyataan kalian terlebih dahulu harus merencanakan dari awal seperti rumah tipe berapa yang akan dibeli, lokasi rumah terletak dimana hingga bagaimana cara untuk membeli rumah tersebut apakah ingin membayar tunai atau secara dicicil, sehingga kalian telah memiliki gambaran berapa biaya yang harus kamu sisikan dari pemasukan atau kalian bisa mengatur biaya untuk membeli rumah dengan program dari bank atau instansi yang lain dengan jangka waktu yang telah diperhitungkan sebelumnya.

Biaya Hiburan dan Sosial

Image: freepik.com

Biaya hiburan dan sosial adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebagai manusia agar kehidupan kalian tidak membosankan dan juga sebagai tanggungjawab sesama makhluk hidup, maka dari itu kalian juga harus menyisikan beberapa persen dari pemasukan kalian disetiap bulannya untuk biaya hiburan seperti makan diluar, menonton bioskop dan juga kegiatan sosial seperti dana santunan, dan sumbangan

Biaya Darurat

Image: freepik.com

Sebagai manusia kita juga harus bisa mempersiapkan segala sesuatu dari hal terbaik hingga hal yang terburuk, oleh karena itu, pentingnya untuk mempersiapkan dana darurat jika sewaktu-waktu diperlukan. Biaya ini sebagai bentuk untuk meminimalisir resiko dan menjadi solusi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kalian bisa menyisihkan dana sebesar 5% dari pemasukan kalian disetiap bulannya agar biaya darurat ini dapat digunakan secara baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -