25.1 C
Palembang
Wednesday, September 22, 2021

Apakah Penting Melangsungkan Lamaran ? Ini 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan

More articles

Setiap pasangan punya kisah seputar pernikahannya masing-masing. Setiap calon pengantin juga memiliki warnanya sendiri dalam memaknai pernikahan.  Rangkaian yang sering dilaksanakan sebelum hari pernikahan biasanya adalah adat lamaran. Prosesi lamaran ini bertujuan untuk mengenalkan kedua mempelai ke keluarga besar kedua pihak.

Pertemuan dua keluarga dari kedua belah pihak ini pun sekaligus untuk meresmikan status ‘calon suami-istri’ dengan bertukar cincin dan menyerahkan hantaran atau seserahan. Hampir semua orang setuju untuk melangsungkan lamaran sebelum naik kepelaminan. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah perlu lamaran dilaksanakan?

Setiap calon pengantin pasti memiliki pendapat tersendiri mengenai hali ni. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk melangsungkan sebuah acara lamaran.

Tempat Acara

Hal pertama yang perlu dipersiapakan dalam lamaran adalah tempat prosesi acara tersebut dilangsungkan. Kamu bisa memilih rumah atau vanue lain seperti hotel atau café untuk dijadikan tempat acara.

Jika kamu menggunakan vanue maka akan memerlukan biaya yang tidak sedikt. Budget yang dibutuhkan ketika menggunakan vanue akan lebih besar dibandingkan jika kamu memanfaatkan ruangan atau halaman rumahmu sebagai tempat acara lamaran berlangsung. Meskipun minim budget jika dilaksanakan dirumah, akan tetapi kamu juga perlu memperhatikan jamuan nantinya apakah akan memasak sendiri atau memesan catering.

Dekorasi

Dimanapun tempat yang menjadi pilihanmu melangsungkan acara lamaran, dekorasi adalah hal yang tidak akan kamu lewati. Dekorasi bertujuan untuk mempercantik tempat acara lamaranmu berlangsung. Tentunya dekorasi acara lamaran tidak akan seheboh dengan dekorasi yang digunakan pada pesta pernikahan.

Dengan dekorasi bunga-bunga yang cantik pada background, kursi dan karpet meskipun minimalis akan menambah kesan yang hangat untuk kedua belah pihak keluarga yang menghadiri acara.

Hantaran

Hantaran adalah buah tangan yang dibawakan oleh calon mempelai laki-laki untuk perempuan. Hantaran ini bertujuan untuk membuka pintu silahturahmi kedua keluarga calon mempelai. Umumnya isi hantaran adalah kebutuhan yang diperlukan oleh sang perempuan seperti tas, alat make up, sepatu atau semacamnya.

Akan tetapi, kamu dan pasangan bisa membicarakannya terlebih dahulu, karena hantaran tidak harus berupa barang loh Sahabat Makna. Hantaran juga bisa berupa makanan, buah-buahan atau oleh-oleh tradisional  yang pada intinya adalah buah tangan yang akan diberikan oleh sang pria kepada calon mempelainya.

Cincin Tanda Pengikat

Di dalam acara lamaran ada prosesi tersendiri yaitu menyematkan cincin pada jari manis. Cincin ini sebagai simbol yang mengikat janji antara kedua pasangan untuk serius melangkah ke jenjang selanjutnya yaitu pernikahan. Cincin lamaran tidak harus sepasang, cukup dikenakan pada jari manis sang perempuan untuk menjadi simbol pengikat.

Tampilan Kedua Pasangan

Selanjutnya kamu perlu mempersiapkan budget tersendiri untuk membuat gaun dan kemeja untuk dikenakan saat acara lamaran berlangsung. Tampilan kedua pasangan akan menajdi sorotan karena biasanya calon kedua mempelai ini akan mengenakan busana yang serasi. Selain itu, perempuan juga perlu berdandan untuk tampil saat acara berlangsung. Kamu bisa memilih make up artis atau make up sendiri untuk meringankan biaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -