25.1 C
Palembang
Wednesday, September 22, 2021

4 Jenis Cincin Nikah yang Bisa Dipakai Pria Muslim

More articles

Di dalam pernikahan, identik dengan prosesi saling tukar cincin sebagai lambang ikatan cinta, jadi baik laki-laki maupun perempuan harus memakai cincin di jari. Bagi perempuan memakai cincin adalah hal yang biasa karena salah satu aksesoris, tetapi bagi laki-laki memakai cincin bukan perkara yang mudah khususnya pria muslim. Hal ini karena tidak semua jenis cincin bisa dipakai pria muslim karena di dalam agama Islam memakai perhiasan dari emas diharamkan bagi pria. Akan tetapi, jika ingin memakai cincin dapat memilih beberapa jenis cincin yang bisa dipakai pria muslim berikut ini:

Palladium

Palladium memiliki sifat anti alergi dan termasuk tingkat ketahanan yang tinggi. Palladium memiliki beragam warna dasar, tergantung kadarnya, semakin tinggi kadar palladium, maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap. Palladium salah satu jenis logam yang tinggi peminat karena bisa dibentuk menjadi berbagai jenis cincin dan harganya pun terjangkau. Palladium tidak hanya digunakan dalam perhiasan, bisa juga digunakan dalam industri otomotif untuk bahan-bahan mobil listrik.

Perak

Perak merupakan bahan logam cincin yang sangat populer dan diminati di kalangan masyarakat selain emas. Perak murni memiliki sifat yang sangat lembut, sehingga mudah untuk dibentuk. Bahan perak pun memiliki berat yang ringan, sehingga harganya relatif terjangkau. Walaupun banyak kelebihan, perak memiliki satu kelemahan yakni mudah tergores dan warnanya dapat memudar seiring waktu. Untuk membuat bahan perak lebih awet, sebaiknya dalam proses pembuatan dilapisi logam lain seperti rhodium.

Emas Putih

Emas putih adalah logam yang paling kurang reaktif. Walaupun namanya emas, tetapi bahannya berbeda dengan emas kuning atau murni. Namun, sebelum membeli emas putih pastikan tidak ada campuran emas murni sedikit pun, jika ada maka tidak bisa dipakai oleh pria muslim. Emas putih cocok untuk pria yang ingin selalu memakai cincin dengan bobot yang ringan.

Tungsten Karbida

Walaupun asing di dengar, tetapi jenis logam ini sudah biasa diolah menjadi perhiasan, termasuk cincin nikah. Kelebihan dari bahan satu ini adalah bisa mempertahankan bentuk aslinya sehingga tidak mudah tergores. Bahan ini memiliki titik lebur yang cukup tinggi, sehingga cocok menjadi alternatif cincin nikah. Walaupun tidak terlalu mengkilap, tetapi tungsten karbida bisa menjadi pilihan untuk cincin nikah pengganti emas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -