27.1 C
Palembang
Sunday, October 17, 2021

Memutuskan Childfree? Ketahui Dahulu 5 Manfaat Memiliki Anak

More articles

Image: Freepik.com

Isu mengenai childfree atau tidak memiliki anak dalam ikatan pernikahan sedang santer dibahas oleh masyarakat Indonesia. Banyak pendapat mengenai isu ini, ada yang mendukung banyak pula yang menolak. Di Indonesia salah satu tujuan menikah adalah untuk memiliki anak sebagai penerus keturunan. Sebenarnya memutuskan untuk memiliki anak atau tidak adalah hak setiap masing-masing pasangan, pastinya keputusan yang diambil memiliki konsekuensi dan sudah menjadi kesepakatan bersama. Namun, Sahabat Makna perlu tahu kalau mempunyai anak memiliki banyak manfaat yang baik, ini dia 5 di antaranya

Sumber Kebahagian

Image: Freepik.com

Anak bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi sepasang suami istri karena akan mendapatkan cinta dan kasih secara percuma darinya. Pelukan dan ciuman yang suci dari seorang anak akan meningkatkan kebahagiaan pasangan suami istri, hal ini akan berdampak positif pula bagi keadaan psikologis. Bahkan, mengikuti perkembangan anak dari waktu ke waktu pun bisa menjadi kebahagiaan tersendiri.

Alasan Bertahan Hidup

Image: Freepik.com

Ketika memiliki masalah dan seakan-akan tidak mampu untuk menjalani kehidupan, anak bisa menjadi alasan bagi orang tua untuk bertahan hidup. Mungkin ini memang sebuah naluri yang dimiliki setiap orang tua yang menyayangi anaknya. Anak sumber kekuatan karena orang tua akan merasa bahwa dia dibutuhkan oleh anaknya, sehingga akan muncul sebuah energi untuk bertahan dalam setiap rintangan dalam menjalani kehidupan.

Meningkatkan Berbagai Kemampuan

Image: Freepik.com

Memiliki anak membuat orang tua akan selalu berkembang dan banyak belajar, sehingga kemampuan yang dimiliki pun akan semakin meningkat, bahkan dari yang dulu tidak bisa akan menjadi bisa. Tidak mudah mengurus dan membesarkan anak, tetapi dengan adanya anak memicu orang tua agar optimis untuk mampu melakukan segala hal. Misalnya, seorang perempuan yang dulu tidak pernah memasak, ketika menjadi ibu memiliki keinginan untuk bisa memberikan makanan buatanya sendiri kepada suami dan buah hati.

Menjadi Anak Kecil Kembali

Image: Freepik.com

Orang tua akan kembali merasakan menjadi anak kecil lagi ketika melalui proses pengasuhan. Bagi anak, jika ingin dekat dengannya maka orang tua harus masuk ke dunianya, berperan seperti layaknya seumur dengan anak. Bermain bersama, bercanda dan menjadi sahabat bagi anak akan membuat erat hubungan orang tua dan anak.

Melatih Mengelola Keuangan

Image: Freepik.com

Tidak dipungkiri jika memiliki anak harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit bahkan mungkin tidak terhitung jumlahnya. Namun, karena hal inilah pasangan suami istri bisa belajar dalam mengelola keuangan rumah tangga. Belajar untuk mengatur keuangan bulanan, biaya pendidikan anak di kemudian hari, ansuransi kesehatan bagi anak, investasi dan sebagainya. Apalagi jika memiliki anak lebih dari satu, mungkin akan semakin menantang pengelolaan keuangannya. Namun, sebagai orang tua harus yakin kalau setiap anak memiliki rezekinya masing-masing, jadi jangan takut kekurangan materi karena memiliki anak.

Nah Sahabat Makna, setelah membaca manfaat memiliki anak bisa dipertimbangkan kembali ya apakah yakin untuk memiliki anak atau memutuskan childfree. Semua keputusan kembali ke pasangan masing-masing. Semoga rumah tangga tetap harmonis ada atau tidak adanya buah cinta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -