Rp 0

No products in the basket.

Coming Soon, Sumatra Selatan Wedding Expo 2024 Season II, June 2024

office@maknawedding.id

+62 812-7893-2624

Rp 0

No products in the basket.

Kisah Manis di Balik Asal Mula Tradisi Bridal Shower, Pesta Lajang untuk Calon Pengantin Perempuan

More articles

Image: Freepik.com

Di masa sekarang, tradisi bridal shower sering dilakukan oleh teman-teman calon pengantin perempuan, tradisi ini merupakan pesta melepas lajang bagi calon pengantin perempuan.

Biasanya, para teman calon pengantin akan memberikan kejutan dan pesta kecil-kecilan untuk calon pengantin perempuan. Sedangkan, si calon pengantin perempuan akan membagikan kain atau pakaian untuk para temannya itu sebagai bridesmaid.

Nah, Sahabat Makna tau gak sih dari mana asal tradisi bridal shower ini? Ternyata, tradisi bridal shower ini sudah ada loh sejak tahun 1800-an, tepatnya di tahun 1890 dan berasal dari legenda Belanda.

Diceritakan, seorang wanita Amsterdam jatuh cinta dengan pria tampan yang bekerja di pabrik. Meski secara finansial tergolong biasa saja, akan tetapi pria ini senang menolong teman-temannya yang membutuhkan. Sikap inilah yang membuat pria pekerja pabrik itu disukai oleh teman-temannya.

Akhirnya, si wanita Amsterdam pun dinikahi oleh pria pekerja pabrik tersebut ketika dirinya sudah siap dan uang yang dimilikinya sudah cukup. Namun, ternyata kisah cinta mereka terhalang restu oleh sang ayah wanita Amsterdam.

Ayah si wanita melarang mereka menikah dan menyuruh anaknya untuk menunggu pria mapan melamar. Namun, karena kekuatan cinta si wanita nekat menikah dengan pria pekerja pabrik. Akhirnya, mereka menikah tanpa menggunakan mahar dan tidak memiliki uang yang banyak.

Karena kebaikan yang dilakukan oleh pria pekerja pabrik kepada teman-temannya, akhirnya orang-orang yang mengenal si pria membalas budi baiknya. Teman-teman pria pekerja pabrik itu ‘memandikan’ si wanita Amsterdam dengan berbagai hadiah berupa barang-barang kebutuhan rumah tangga sebagai ganti mahar pernikahan.

Kejadian ini ternyata membuat sang ayah wanita Amsterdam pun luluh hatinya. Si pria pabrik yang baik hatinya itu akhirnya berhasil mengambil hati sang ayah mertua, hingga pasangan asal Belanda ini mendapatkan restu dari keluarga wanita Amsterdam.

Seiring berjalannya waktu, tradisi bridal shower pun berkembang dan menyebar ke berbagai negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia sendiri, bridal shower menjadi ajang para teman-teman calon pengantin perempuan untuk memberikan hadiah dan kejutan terbaik untuk sahabat yang akan menikah.

Sebenernya, tradisi bridal shower ini gak wajib ya Sahabat Makna, mau dilakukan atau pun enggak juga gak masalah. Hal terpenting adalah doa terbaik untuk sahabat kita yang akan memasuki jenjang kehidupan baru, yakni pernikahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest