25.1 C
Palembang
Wednesday, September 22, 2021

5 Tips Memilih Tanggal Pernikahan

More articles

Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah, lalu pertanyaan yang muncul adalah kapan pernikahan tersebut akan diselenggarakan? Perkara penentuan bulan sampai menentukan tanggal yang tepat untuk melangsungkan pernikahan sebenarnya gampang-gampang susah. Prioritas tanggal juga bisa ditentukan banyak hal karena ingin melihat apakah vanue yang digunakan tersedia pada tanggal tersebut atau tidak. Nah, jadi penting banget nih buat kamu sebagai calon pengantin untuk menentukan tanggal utama dan tanggal alternatif, hal ini pasti sedikit membuat kamu dan pasangan kebingungan bukan? Yuk simak artikel berikut, Tim Makna akan berbagi tips yang bisa kamu gunakan dalam menentukan tanggal pernikahan.

Jarak Tanggal Yang Tidak Mepet

Ada baiknya kamu menentukan tanggal pernikahan secara realistis yaitu memberikan jeda atau jarak antara penentuan tanggal dan persiapan pernikahan. Meskipun ada banyak jalan untuk mempersiapkan acara dengan waktu yang singkat, Namun, Siapa sih yang tidak ingin melangsungkan pesta pernikahan dengan persiapan yang matang? Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki perhitungan waktu yang cukup ya! Idealnya mempersiapkan pesta pernikahan membutuhkan waktu 6 bulan sampai 1 tahun sehingga kamu tidak terlalu tergesa-gesa.

Kesepakatan Bersama

Meskipun pesta pernikahan adalah milik kamu dan pasangan tetapi bukan bearti keluarga tidak punya andil di dalam persiapan pernikahanmu. Dalam penentuan tanggal, penting sekali restu dari semua pihak, terutama kedua orang tua kamu dan pasangan. Selain itu kamu juga bisa meminta saran tanggal dari tertua di dalam adat istiadatmu loh. Namun, yang terpenting adalah mintalah restu dari mereka dan utamakan tata krama untuk mencapai kesepakatan bersama ya Sobat.

Ketersediaan Vanue

Biasanya deal menggunakan suatu vanue berada di pertengahan persiapan pernikahan, sedangkan tanggal pernikahan biasanya sudah ditentukan di awal. Nah, hal ini perlu banget kamu pastikan bahwa vanue yang akan dipakai bisa digunakan pada tanggal tersebut, atau kamu juga bisa mem-booking tempat dari jauh hari agar tidak kecewa jika tanggal tersebut dipakai orang lain.

Budget

Budget juga memegang peranan penting dalam penentuan tanggal. Hal ini karena ada tangal-tanggal di mana banyak pengantin yang melangsungkan pesta pernikahan, sehingga banyak vanue ataupun vendor yang harganya naik akibat banyaknya permintaan. Tapi jangan pusing ya Sobat, kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu, untuk tau di bulan berapa saja pesta pernikahan yang termasuk sepi, sehingga memungkinkan kamu mendapatkan harga istimewa dari vendor.

Backup Tanggal

Untuk berjaga-jaga, kamu dan pasangan bisa membuat opsi tanggal cadangan sehingga bisa digunakan untuk menyesuaikan semua vendor di dalam pesta pernikahanmu. Selain itu backup tanggal ini juga bisa digunakan sebagai alternatif jikalau kamu ingin melangsungkan pernikahan outdoor, sehingga kamu bisa memperkirakan apakah di bulan tersebut akan masuk musim hujan atau sebaliknya. Jadi gimana Sobat, sudah terpikir tanggal istemewa mana yang akan dijadikan malam pernikahanmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -