33.1 C
Palembang
Tuesday, November 30, 2021

Wajib Kamu Ketahui, Kriteria Wanita Idaman yang Baik untuk Dipersunting Menurut Islam

More articles

Menikah adalah sesuatu hal yang mungkin didambakan bagi banyak orang, dan juga di dalam agama islam melangsungkan sebuah pernikahan merupakan sesuatu ibadah yang disunahkan bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Dalam mencari pasangan hidup, tentu saja tidak boleh dilakukan sembarangan, karena pasangan hidup yang kamu pilih kelak adalah orang yang nantinya akan membimbing, menemani, dan mengarahkan kamu dalam kehidupan berumah tangga.

Setiap pria pastinya ingin mempersunting wanita idaman yang telah menjadi pujaan hatinya. Tetapi, dalam memilih pasangan hidup, pujaan hati saja tidak cukup bagi seorang wanita untuk dijadikan sebagai seorang istri yang baik. Memilih sosok istri idaman haruslah memiliki kapasitas yang unggul sehingga dapat menjadi pendamping suami sebagai nahkoda dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Di sisi lain, terdapat suatu hadist yang membahas mengenai kriteria wanita yang harus dipersunting oleh para pria “Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya (keislamannya), sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR Muslim). Sahabat makna, hadist tersebut bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih pasangan hidup kamu yang baik menurut islam dan berikut informasi yang dapat kamu baca selengkapnya.

Harta dan Kekayaan

Dalam memilih pasangan hidup, harta ataupun kekayaan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Sebab dalam menjalani kehidupan, harta dapat membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dan tak banyak juga rumah tangga yang retak diakibatkan ekonomi yang rendah. Walaupun, harta dan kekayaan hanyalah titipan dari Allah SWT dan bukan menjadi satu-satunya sumber kebahagian di muka bumi, tetapi dengan memiliki harta yang cukup, kamu dapat menjalani kehidupan kamu dengan layak dan juga kamu bisa berbagi dengan saudara-saudara yang membutuhkan, bersedekah, dan menjadi pengingat untuk banyak bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kamu.

Kedudukan atau Keturunannya

Di dalam agama islam, umat muslim sangat dianjurkan memiliki keturunan yang baik dan memperhatikan nasab dari keluarga sebelumnya. Oleh karena itu, dalam mencari dan memutuskan untuk meminang wanita, kamu harus terlebih dahulu melihat kondisi keluarga dan garis keturunan dari calon wanita yang ingin kamu persunting, dan umat islam juga dianjurkan memilih wanita yang subur agar dapat memberikan keturanan yang baik.

Paras

Tidak ada salahnya jika kamu memilih pasangan berdasarkan paras dari sesorang, sebab memiliki paras yang rupawan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan akan memberikan ketenangan dan kebahagian bagi orang yang memandangnya. Tetapi perlu kamu ingat memiliki paras yang apik tidak akan berlangsung selamanya, karen semuanya akan hilang dan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Agama dan Keimanan

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 221 yang artinya: “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran”.

Mencari sosok wanita yang seagama atau seiman adalah hal yang harus kamu tekankan. Sebab sejatinya, harta, keturunan dan paras, akan hilang dimakan waktu dan bukan jaminan utama dalam menemukan kebahagian, tetapi dengan agama dan iman yang kokoh bisa menjadi pengangan kamu dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest

- Advertisement -