Beberapa Ide Untuk Bertahan Selama Pandemi (Covid-19) Berlangsung

Sahabat makna, corona virus atau yang biasa kita sebut dengan covid-19 sudah sangat mengkhawatirkan, khususnya bagi masyarakat yang telah lanjut usia. Seperti dilansir dari situs https://www.kemkes.go.id/ saat ini (30 mei 2020) tercatat ada kurang lebih 25.773 orang yang telah positip covid-19, sembuh (positip Covid-19) sebanyak 7.015, Meninggal (positip Covid-19) sebanyak 1.573, jumlah ODP sebanyak 47.714 dan jumlah PDP sebanyak 12.823 orang. Mengetahui hal tersebut tentunya hal yang bukan menggembirakan, dimana jumlah tersebut semakin hari semakin bertambah.
Lantas bagaimana dengan bisnis pernikahan?
Dilihat dari trend selama 3 bulan kebelakang yaitu bulan Februari, Maret, April tahun 2020 bisnis pernikahan mengalami penurunan, hal ini dilihat dari banyaknya calon pengantin yang acara pernikahannya dimundurkan ke bulan September, Oktober, November dan bahkan ada yang masuk ke Januari 2021.
Jika kita lihat dari trend tersebut sudah barang tentu selama 3 bulan, pada vendor jasa pernikahan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali dan ada beberapa diantara para calon pengantin hanya menggunakan jasa pernikahannya di acara Akad saja dikarenakan mengingat peraturan pemerintah yang mengharuskan jumlah orang yang dapat berkumpul dibatasi hanya 10 orang saja dan gedung pertemuan diwajibkan untuk tutup dan tidak diperbolehkan mengadakan acara yang dapat mengumpulkan massa dalam jumlah banyak.
Adapun bisnis jasa pernikahan yang sangat terasa dampaknya antara lain :

  1. Wedding Organizer
  2. Foto dan Videografer
  3. Dekorasi
  4. Pengisi Acara (MC, Pemain Band, Singer)
  5. Sound System, Lighting
  6. Gedung atau Hotel
  7. DLL

Terus, bagaimana cara agar kita dapat bertahan selama pandemi ini berlangsung?
Berikut beberapa strategi yang dapat dijadikan masukan untuk dapat bertahan selama masa pandemi berlangsung agar beban biaya tenaga kerja dapat terbantu antara lain :

  1. Usaha jual beli makanan ringan

Tidak bisa dipungkiri bahwa usaha ini sangat membantu para ojek online untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, terbukti dengan adanya wabah ini, jumlah pemesanan makanan semakin meningkat. Hal ini lebih dikarenakan beberapa masyarakat yang melakukan pekerjaan di rumah (work from home) dan berdiam diri dirumah atau lebih dikenal dengan sebutan #dirumahaja lebih senang melakukan pemesanan online melalui aplikasi transportasi online.

  1. Jual beli sembako

Sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk kebutuhan sehari hari, hal ini sudah barang tentu akan menjadi kebutuhan masyarakat selama pandemi.
Adapun yang dapat dilakukan adalah merubah tempat / lokasi kantor untuk sebagai stok penjualan sembako yang nantinya dapat dijual kepada masyarakat sekitar atau melalui pola penjualan online.
Tentunya dalam sistem jual beli ini, tinggal penjualnya saja yang dapat memanfaatkan kapan harus membeli dan kemudian dijual kembali agar bisa mendapatkan untung yg banyak atau cukup.

  1. Jual website penjualan online

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia kedepan dihadapkan pada kemajuan teknologi yang mau tidak mau menuntut kita untuk ikut tumbuh bersama, khususnya para pelaku usaha. Dengan memiliki keahlian yang baik di bidang jasa pembuatan website maka akan sangat membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya melalui media online, dan dengan harapan dapat dikenal oleh banyak orang tanpa harus datang langsung kelokasi.
Jasa pembuatan website online tentunya harus memiliki keahlian dibidang wordpress, php dan lain sebagainya, dimana pekerjaan tersebut dapat dilakukan dirumah dan dengan akses internet yang stabil.

  1. Jasa penjualan alat kesehatan

Hal ini hampir sama dengan pola penjualan diatas, hanya saja melihat dari kondisi yang ada, untuk penjualan alat kesehatan untuk saat sekarang sangat dicari cari oleh masyarakat. Katakanlah masker yang beberapa bulan yang lalu menjadi kosong dikarenakan banyaknya pada pembeli yang memanfaatkan kejadian tersebut dan tentunya ini tidak boleh dilakukan dikarenakan bertentangan dengan aturan pemerintah dalam hal penimbunan barang. Adapun yang dapat dilakukan oleh para vendor pernikahan adalah membuat masker yang bahannya dari kain dan kemudian dibuat ukuran menyesuakan dengan ukuran masker standart, sehingga kegiatan selama pandemi masih dapat berjalan.

  1. Pendidikan dan pelatihan online

Bagi kalian yang memiliki keahlian dalam hal pengajaran dan bidang ilmu, sebaiknya dapat membuat kelas pembelajaran online dan uangnya didapat dari iuran masing – masing murid sekolah. Melakukan perekaman dan kemudian dijelaskan secara detail dalam video tersebut merupakan hal yang positip bagi para siswa atau mungkin mahasiswa yang saat ini sekolah atau fakultasnya diliburkan.

  1. Jual beli software

Untuk hal yang satu ini sudah pasti wajib memiliki keahlian dalam hal pengcodingan, dan jika hal tersebut dapat dilakukan, para tenaga ahli tersebut dapat melakukan pekerjaan di kantor atau dirumah. RDU.