Makna Barang Seserahan

Salah satu prosesi yang selalu ada pada saat menjelang acara pernikahan yaitu pemberian hantaran seserahan pernikahan. Seserahan ini merupakan hal yang paling ditunggu oleh para calon pengantin wanita dalam rangkaian proses pernikahan dari calon suaminya. Bagaimana tidak, kapan lagi bisa mendapatkan segitu banyaknya hadiah hehe. Seserahan merupakan simbolisasi dari pihak mempelai pria sebagai wujud tanggung jawab kepada pihak keluarga perempuan terutama orang tuanya dan juga bekal untuk kehidupan kelak sang pengantin wanita. Biasanya calon pengantin wanita juga akan memberikan seserahan balasan sebagai pengikat tanda kasih. Sang calon pengantin pria biasanya akan memberikan hantaran dalam jumlah ganjil kepada sang calon pengantin wanita. Tapi sudahkah kamu tahu arti dari tiap-tiap barang seserahan tersebut?

Beberapa waktu lalu, team Makna Group menemui Malisa dari Melisa Gallery yang merupakan salah satu vendor jasa hias hantaran untuk berbincang mengenai berbagai arti barang seserahan tersebut. Nah, sebagai salah satu vendor yang memberikan jasa hias seserahan, tentunya Malisa sudah sangat familiar dengan arti masing-masing barang-barang yang dibawa tersebut, memiliki makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kehidupan mendatang. Langsung baca di bawah ya untuk mengetahuinya!

  1. Seperangkat alat sholat

Barang seserahan ini pasti selalu ada untuk pernikahan pasangan muslim. Seperangkat alat sholat memberikan simbol bahwa setiap pernikahan harus di dasari pada agama, berpegang teguh dengan agama. Seserahan ini juga berfungsi sebagai pengingat pasangan kepada Sang pencipta dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

  1. Perhiasan

Makna yang tersirat dari adanya seperangkat perhiasan yang ada di dalam kotak seserahan adalah sebagai simbol dari harapan keluarga agar sang mempelai wanita kelak akan tetap selalu bersinar dan bercahaya di kehidupan layaknya perhiasan.

Cincin pernikahan biasanya diberikan untuk pria dan juga untuk wanita. Benda ini sebagai wujud doa pengikat kedua pasangan agar selalu hidup bersama sampai maut memisahkan.

  1. Make Up Set atau Skincare

Makeup dan skincare, baik untuk wajah maupun tubuh, dimaksudkan agar perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik di depan pasangannya.

  1. Pakaian

Makna dari pemberian seperangkat busana atau pakaian ini adalah sebagai simbol harapan agar kedua pasangan dapat saling menjaga rahasia di dalam rumah tangga dengan baik.

  1. Sepatu

Seserahan ini memberikan makna bahwa pasangan tersebut sudah siap melangkah untuk memulai kehidupan yg baru dan diharapkan keduamya dapat berjalan seiring sejalan dalam menjalani kehidupan rmh tangga.

  1. Tas

Pemberian tas ini menandakan bahwa sang calon pengantin pria nantinya mampu untuk memenuhi dan  membiayai segala keperluan pasangannya termasuk aksesoris seperti tas.

Nah, kira-kira itulah makna dari tiap barang seserahan yang harus diberikan calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita ya sahabat Makna. Sangat menarik yaa arti dan maknanya!