Mari mengenal jenis mahar!

Mari mengenal jenis mahar!

Mahar? Apa yang terbesit difikiran kalian? Tentunya adalah pernikahan, iyuppssss bener banget, karena mahar adalah bagian yang paling penting dari sebuah pernikahan.
Seperti yang kita ketahui kalo pernikahan itu ialah upacara sakral pengikatan janji sehidup semati antara dua insan yang saling mencintai dan tidak sah suatu pernikahan kalo tidak ada maharnya ya kan ?, mahar atau mas kawin ini adalah bentuk atau simbol pernikahan baik berupa emas, uang ataupun harta lainnya yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada pihak mempelai perempuan.
Setiap pasangan pastinya punya keinginan untuk menikah sesuai yang mereka impikan, karena yang kita tau kalo pernikahan hanya sekali seumur hidup pastinya tidak mau ngelewati moment bahagia ini dengan seadanya karena itulah dibutuhkan waktu untuk mempersiapkan semuanya dan salah satunya adalah mahar atau mas kawin.
Banyak jenis mahar yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanitanya sesuai dengan apa yang diinginkan wanitanya atau sesuai dengan kesepakatan keduanya seperti seperangkat alat sholat, logam mulia, emas (perhiasan), uang dan barang favorit atau barang kesukaan.

Untuk tau penjelasannya berikut kelima jenis-jenis mahar :

1. Seperangkat alat sholat / alat ibadah

Foto : www.hipwee.com
Seperangkat alat sholat ini sudah dari dulu digunakan untuk mahar atau mas kawin untuk pernikahan selain karena harganya ga terlalu mahal tapi juga mudah dicari.

2. Logam mulia


Foto : Doc. Surya dan Dini by Feeloe
mempelai wanita yang ga terlalu suka mengenakan emas, logam mulia ini cocok untuk jadi mas kawin selain itu logam mulia ini bisa digunakan sebagai perhiasan (emas) ini juga sering digunakan untuk mahar pernikahan seperti kalung, gelang ataupun cincin mau itu 50 gram, 100 gram ataupun lebih ga masalah, asal sesuai badget dan kemampuan dari mempelai pria.

3. Uang


Foto : by raksasa wedding
Uang sudah ga asing lagi dan menjadi pilihan untuk mahar suatu pernikahan karena dijaman yang semakin modern ini mahar uang ini bisa dibentuk jadi sesuatu yang lebih unik seperti berbentuk masjid atau hanya di bingkai aja dan dengan jumlah sesuai dengan sesuai kesepakatan antara keduanya.

4. Barang favorit (barang kesukaan)

Foto : Doc. Eca danĀ  Edo by Lenza

Mungkin terdengar asing ya dan jarang tapi ini juga salah satu pilihan untuk mahar pernikahan yang pengennya sesuatu yang berbeda misalnya saja kalo mempelai wanitanya suka dengan fotografi adapun mahar yang digunakan adalah berbentuk karikatur foto atau sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *